Seperti apa proses dalam Sistem
Operasi itu ?
Keadaan ketika sebuah program program sedang di eksekusi. Saat komputer
berjalan, terdapat banyak proses dibuat melalui system call create-proses yang
memebentuk proses turunan (child proses) yang dilakukan oleh proses induk
(parent proses). Proses turunan tersebut juga mampu membuat proses baru
sehingga semua proses ini pada akhirnya membentuk pohon proses.
Disini saya akan menjelaskan apa itu Stack dan Heap dalam Sistem Operasi ?
Stack ialah salah satu bagian yang digunakan untuk menyimpan data-data
atau variabel yang pengalamatan memorinya telah dilakukan saat kompilasi.
Sedangkan Heap merupakan area memori yang digunakan untuk alokasi secara
dinamis. Intinya heap dialokasikan untuk mensuplai memori tambahan yang tidak
dialokasikan saat kompilasi.
Jadi.. Perbedaannya, Stack menyimpan data yang bersifat
sementara, sedangkan Heap menyimpan data variabel/objek yang bersifat global pada sebuah
aplikasi.
Penjelasan tentang Process Control Block
(PCB) dengan Thread
Process Control Block
(PCB) merupakan proses yang dilakukan oleh sistem operasi untuk
mempresentasikan tiap-tiap proses yang ada. PCB memuat informasi tentang proses
, yaitu sebuah tanda pengenal proses (Process ID) yang unik dan menjadi nomor
identitas, status proses, prioritas eksekusi proses dan informasi lokasi proses
dalam memori.
Thread merupakan instruksi
terkecil dari program komputer yang dapat dikelola secra independen sesuai
dengan jadwal.
Perbedaan
unbounded-buffer dan bounded-buffer
Unbounded-buffer adalah
buffer (penampung) yang tidak ada batasnya (unlimited). Bounded-buffer adalah
buffer (penampung) yang ada batasnya atau berukuran tetap.
Remote Procedure Calls
adalah suatu protokol yang menyediakan suatu mekanisme komunikasi antar proses
yang mengijinkan suatu program untuk berjalan pada suatu komputer tanpa terasa
danya eksekusi kode pada sistem yang jauh (remote system).
Definisi Batch adalah sejumlah
record atau data yang digabungkan dan diproses sedemikian rupa menjadi satu
kesatuan.
Proses system calls
adalah layanan dari sistem operasi untuk aplikasi atau program yang berjalan di
atas sistem operasi.
Shell
pada sistem operasi Linux
Shell
adalah tempat interaksi antara pengguna dan sistem Linux yang sedang digunakan.
Shell juga bertugas untuk menerjemahkan dan mengeksekusi program. Selain itu
shell juaga menyediakan interface yang digunakan pengguna untuk mengetikkan
perintah-perintah.
Kernel
merupakan suatu inti yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi atau
program yang selalu berjalan (sepanjang waktu)
Di windows juga ada
shell tapi dengan nama yang berbeda. 20 perintah shell yang banyak digunakan
untuk mengelola sistem operasi Linux :
1.
Chmod : menambah dan mengurangi
ijin user untuk mengakases file atau direktori.
2.
Kill : menghentikan proses
3.
Login : masuk sistem
4.
Logout : keluar sistem
5.
Is : menampilkan isi direktori
6.
Mkdir : membuat sebuah direktori
7.
Passwd : mengganti password
8.
Unalias : membatalkan sebuah alias
9.
Who : menampilakan user yang sedang
login
10.
Rm : menghapus file
11.
Mv : memindahkan file
12.
Halt : mematiakan sistem
13.
Grep : mencari file-file yang
mengandung teks dengan kriteria yang telah ditentukan
14.
Find : menemukan lokasi file
15.
Cp : mengcopy file/folder
16.
Pwd : menampilkan nama direktori
yang sedang dikunjungi user
17.
Chgrp : merubah kepemilikan
file/folder
18.
Alias : membuat/memberi nama lain
suatu perintah
19.
Adduser : membuat user baru
20.
& : untuk menjalankan perintah
belakang (background)
Debugging adalah sebuah
metode yang dilakukan oleh para pemrogram dan pengembang perangkat lunak untuk
mencari dan mengurangi bug, atau kerusakan di dalam sebuah program komputer
atau perangkat keras sehingga perangkat tersebut bekerja sesuai dengan harapan.
Mach adalah sebuah
sistem operasi kernel yang dikembangkan di Carnegie Mellon University untuk
mendukung penelitian sistem operasi, terutama komputasi terdistribusi dan
paralel. Ini adalah salah satu contoh awal dari sebuah mikrokernel.
Bootstrap program adalah kode yang disimpan di code
ROM yang dapat menempatkan kernel, memasukkan ke dalam memory dan mulai
eksekusi. Bootstrap loader : sebuah program yang cukup sederhana untuk
dipanggil secara manual dengan pertolongan sakelar, dan Boot block : adalah
suatu partisi untuk menyimpan seluruh program bootstrap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar