Selasa, 18 April 2017

Pengantar Sistem Operasi





Seperti apa proses dalam Sistem Operasi itu ? 

Keadaan ketika sebuah program program sedang di eksekusi. Saat komputer berjalan, terdapat banyak proses dibuat melalui system call create-proses yang memebentuk proses turunan (child proses) yang dilakukan oleh proses induk (parent proses). Proses turunan tersebut juga mampu membuat proses baru sehingga semua proses ini pada akhirnya membentuk pohon proses.

Disini saya akan menjelaskan apa itu Stack dan Heap dalam Sistem Operasi ?

Stack ialah salah satu bagian yang digunakan untuk menyimpan data-data atau variabel yang pengalamatan memorinya telah dilakukan saat kompilasi. Sedangkan Heap merupakan area memori yang digunakan untuk alokasi secara dinamis. Intinya heap dialokasikan untuk mensuplai memori tambahan yang tidak dialokasikan saat kompilasi.
Jadi.. Perbedaannya, Stack menyimpan data yang bersifat sementara, sedangkan Heap menyimpan data variabel/objek yang bersifat global pada sebuah aplikasi.

Penjelasan tentang Process Control Block (PCB) dengan Thread
Process Control Block (PCB) merupakan proses yang dilakukan oleh sistem operasi untuk mempresentasikan tiap-tiap proses yang ada. PCB memuat informasi tentang proses , yaitu sebuah tanda pengenal proses (Process ID) yang unik dan menjadi nomor identitas, status proses, prioritas eksekusi proses dan informasi lokasi proses dalam memori.
Thread merupakan instruksi terkecil dari program komputer yang dapat dikelola secra independen sesuai dengan jadwal.
 
Perbedaan unbounded-buffer dan bounded-buffer
Unbounded-buffer adalah buffer (penampung) yang tidak ada batasnya (unlimited). Bounded-buffer adalah buffer (penampung) yang ada batasnya atau berukuran tetap.
Remote Procedure Calls adalah suatu protokol yang menyediakan suatu mekanisme komunikasi antar proses yang mengijinkan suatu program untuk berjalan pada suatu komputer tanpa terasa danya eksekusi kode pada sistem yang jauh (remote system).
Definisi Batch adalah sejumlah record atau data yang digabungkan dan diproses sedemikian rupa menjadi satu kesatuan.

Proses system calls adalah layanan dari sistem operasi untuk aplikasi atau program yang berjalan di atas sistem operasi.




Shell pada sistem operasi Linux
Shell adalah tempat interaksi antara pengguna dan sistem Linux yang sedang digunakan. Shell juga bertugas untuk menerjemahkan dan mengeksekusi program. Selain itu shell juaga menyediakan interface yang digunakan pengguna untuk mengetikkan perintah-perintah.
Kernel merupakan suatu inti yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi atau program yang selalu berjalan (sepanjang waktu) 
Di windows juga ada shell tapi dengan nama yang berbeda. 20 perintah shell yang banyak digunakan untuk mengelola sistem operasi Linux :

1.      Chmod : menambah dan mengurangi ijin user untuk mengakases file atau direktori.

2.      Kill : menghentikan proses
3.      Login : masuk sistem
4.      Logout : keluar sistem
5.      Is : menampilkan isi direktori
6.      Mkdir : membuat sebuah direktori
7.      Passwd : mengganti password
8.      Unalias : membatalkan sebuah alias
9.      Who : menampilakan user yang sedang login
10.  Rm : menghapus file
11.  Mv : memindahkan file
12.  Halt : mematiakan sistem
13.  Grep : mencari file-file yang mengandung teks dengan kriteria yang telah ditentukan
14.  Find : menemukan lokasi file
15.  Cp : mengcopy file/folder
16.  Pwd : menampilkan nama direktori yang sedang dikunjungi user
17.  Chgrp : merubah kepemilikan file/folder
18.  Alias : membuat/memberi nama lain suatu perintah
19.  Adduser : membuat user baru
20.  & : untuk menjalankan perintah belakang (background)
 



Debugging adalah sebuah metode yang dilakukan oleh para pemrogram dan pengembang perangkat lunak untuk mencari dan mengurangi bug, atau kerusakan di dalam sebuah program komputer atau perangkat keras sehingga perangkat tersebut bekerja sesuai dengan harapan.
Mach adalah sebuah sistem operasi kernel yang dikembangkan di Carnegie Mellon University untuk mendukung penelitian sistem operasi, terutama komputasi terdistribusi dan paralel. Ini adalah salah satu contoh awal dari sebuah mikrokernel.
Bootstrap program adalah kode yang disimpan di code ROM yang dapat menempatkan kernel, memasukkan ke dalam memory dan mulai eksekusi. Bootstrap loader : sebuah program yang cukup sederhana untuk dipanggil secara manual dengan pertolongan sakelar, dan Boot block : adalah suatu partisi untuk menyimpan seluruh program bootstrap.
 

 

 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar